Sabtu, 10 September 2016

D'Stupid Baker yang 'Bodoh'

"I'm La Marzocco, D'Most Expensive Espresso Machine In The World...
And Surprisingly D'Stupid Baker Serving D'Cheapest Espresso Coffee In The World...
This Is A Paradox"


Tulisan yang tertempel di mesin berwarna merah hati babi itu, membuat saya lalu 'meng-google' harga dari si mesin kopi 'berpasport' Italia ini.
Dan dari banyaknya artikel yang muncul, range harga yang saya dapatkan adalah sekitar 17.000 USD - 24.000 USD. Yang termurah pun-untuk mesin rumahan-ada di kisaran 4.000 USD - 6.000 USD. Silahkan dikonversi sendiri nilainya ke Rupiah ;)


Si super-mehong ini ternyata mesin espresso yang selalu digunakan dalam kompetisi barista dunia, dan menjadi standar kualitas sebuah mesin espresso yang sesungguhnya.

Namun, entah kenapa, 'senjata' yang mahal itu tidak membuat pemilik D'Stupid Baker menjual kopi dengan harga setinggi Monas :D
Di bakery cafe yang adalah 'saudara' dari D'Cost ini, semua hot drinks seperti Espresso, Americano, Cappucino, Caffe Latte, Caffe Mocha, termasuk Hot Chocolate dan Caramel Latte, hanya dibanderol seharga 10ribu untuk ukuran Mini dan 15ribu untuk yang Regular.
Hanya berbeda beberapa ribu saja dari harga kopi di gerai-gerai INDOdibulanMARET [:D] yang menggunakan mesin kopi instan dengan swa-pencet itu. Tentu saja secara kualitas rasa pasti jauh berbeda.


Begitupula dengan berbagai macam jenis roti, pastry dan sup, yang menjadi jualan utama di sini (namanya juga bakery), hanya dihargai 8 - 13ribuan saja.

Lebih menarik lagi, semua harga itu (makanan/minuman) sudah netto/bersih/pas/cingcay, karena sudah termasuk pajak. Sungguh emejing warbiasa kan?


Nama induk perusahaan dari bakery cafe ini adalah Bocuan Gapapa, yang artinya "rugipun tak mengapa". Nama yang cukup aneh bagi saya.
Entah pendirian perusahaan ini didasarkan atas semangat merugi atau apa, saya pun tak paham. Yang jelas konsep 'bodoh' ini tidak pernah saya pelajari dalam ilmu ekonomi di jenjang manapun. Konsep mereka ini benar-benar melabrak segala macam pakem berbisnis, terutama dalam konteks mencari keuntungan paripurna.

Namun, saya juga tentu harus berterimakasih dengan konsep 'bodoh' ini. Karena dengan tempatnya yang agak mentereng dan harga nan miring, cafe ini membuat spesies-spesies berkantong tipis seperti saya pun bisa ngopi-ngopi asoy penuh gaya ala eksekutif muda ngehe.

'Kebodohan' yang menguntungkan para penikmat kopi :D



Tabe!



PS:
  • Buka setiap Minggu - Kamis : 07.00 - 22.00; Jumat - Sabtu : 07.00 - 24.00.
  • Cabang : Jl. Danau Sunter Barat A2 No. 6, Jakarta; Plaza Festival, Kuningan, Jakarta; Spazio Graha Family, Surabaya; Jl. Abdul Muis No. 14, Jakarta (dekat Museum Taman Prasasti).
  • Web : www.dstupidbaker.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar