Senin, 26 Mei 2014

Melipir Sejenak ke 'Hutan' Kota Bogor

Tiupan angin yang sejuk langsung 'menyapa' wajah saya saat masuk ke pintu gerbang Kebun Raya Bogor. Udara yang segar itu kuhirup dalam-dalam, hingga memenuhi seluruh rongga paru-paru, berharap bisa membersihkan semua kotoran yang ada di dalamnya, akibat polusi udara Jakarta. Bau dedaunan yang khas, seolah menjadi aroma terapi bagi tubuh.

Ini pertama kalinya saya ke sini. Kebetulan bulan lalu ada dinas kantor (asik :D) ke kota ini, yang kebetulan juga terpaksa harus pakai kereta api, akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi tetangga dari Istana Bogor ini. Anggap saja ini Wisata Colongan. Lokasinya yang hanya sekitar 700 meter dari Stasiun Bogor adalah salah satu alasannya.

Kebun Raya yang katanya sudah ada sejak masa pemerintahan Prabu Siliwangi (dalam bentuk hutan/taman buatan), mulai resmi didirikan pada tahun 1817, dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg. Tempat yang merupakan salah satu ikon Kota Bogor ini luasnya mencapai 87 hektare, dengan koleksi pohon dan tumbuhan sebanyak 15.000 jenis.

Oke lupakan masalah tetek bengek seperti itu, terutama paragraf pembuka yang sok iye diatas. Menurut saya tempat ini adalah tempat yang pas untuk menjauhi sejenak rutinitas keseharian kita, tempat untuk melepaskan semua stres, galau, bete dan kawanannya. Disini, semua hal negatif itu bisa hilang, terbang bersama angin, dan dihisap daun-daun bersama CO2. Siapa tau bisa membantu memperlancar proses fotosintesis.

;)
Suasana sejuk dan asri itu, sangat cocok bagi kalian (termasuk saya) yang hobi baca. Bawalah buku kalian, bila perlu satu perpustakaan pindahin kesini, dan nikmati setiap lembar halaman, setiap kata per kata, ditemani 'sentuhan' angin sepoi-sepoi yang menenangkan. Saya jamin, selain bisa cepat memahami isi buku, kalian pasti bisa cepat tidur.
Saya jadi membayangkan, kalau meeting di tempat seperti ini, enak ya. Suasananya pasti tidak semenyebalkan dan menegangkan saat meeting di dalam ruangan. Mungkin dengan begitu, pikiran jadi terbuka, sehingga ide-ide ciamik nan sensasional bisa muncul dengan sendirinya.

;)
Bagi kalian para pasangan yang sedang dimabuk asmara tiada terkira, disini juga bisa menjadi tempat kencan romantis abis. Coba ajak pasangan anda kesini, cari tempat yang nyaman, mungkin sedikit jauh dari keramaian, atau bisa juga di dekat kolam yang berseberangan dengan Istana Bogor (sambil bayangin kalau kalian Bung Karno & Ibu Fatmawati). Kalau sudah ketemu tempat yang pas, tinggal gelar tikar, keluarkan rantang, and have lunch together sambil suap-suapan. Romantis kan!
Tapi, saya hanya merekomendasikan untuk makan siang, bukan makan malam. Selain sudah tutup, juga takut kuntilanak nebeng minta makan bareng =))
Trus bagi yang ingin foto pre-wedding dengan tema Tarzan & Jane, menjatuhkan pilihan ke tempat ini adalah hal yang sangat pas sekali. Sudah banyak photographer yang mengambil setting pemotretan di sini (dengan beragam tema tentunya).

;)
Tapi sebenarnya Kebun Raya Bogor ini lebih cocok lagi sebagai tempat rekreasi edukasi bagi anak-anak, untuk memberikan pelajaran tentang alam, tentang dunia tumbuh-tumbuhan. Mungkin tidak harus se-ribet ilmu-ilmu botanical gitu, tapi cukup sekedar mengenalkan anak tentang keanekaragaman hayati yang ada, bahwa tumbuh-tumbuhan itu tidak hanya bunga di taman, rumput di halaman, atau pohon angsana di jalanan, tapi banyak sekali jenisnya.
Selain itu juga sekaligus mengajarkan kepada mereka untuk dekat dengan alam, sehingga bisa mencintai dan menjaga lingkungan disekitarnya.

;)
;)
Intinya, mengeluarkan Rp. 14.000 dari dompet (diluar transport :D), sangat worth it lah dengan apa yang kita dapatkan, terutama kandungan O2 yang kita hirup selama berada disini.




[24.04.2014]

*disclaimer : all photos jepretan ane!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar