Selasa, 01 April 2014

#AyoKeMuseum

Percaya atau tidak, saya belum pernah pergi ke museum seumur hidup saya. Waktu liburan sekolah dulu biasanya selalu ke pantai. Padahal di kampung saya, jarak dari rumah ke museum di sana (Museum Blikon Blewut) cuma 5 - 6 KM saja. Bahkan sering dilewati kalau mau ke kota. Dulu museum itu selalu dipadati pengunjung saat hari raya Natal, tapi saya tidak ada keinginan sedikit pun untuk kesana. Anti-mainstream kali ya. hehe

Nah karena akhir-akhir ini saya mulai menyadari pentingnya mengunjungi museum, sebagai tempat untuk napak tilas sejarah, makanya saat ke Jogja kemarin saya mengagendakan untuk ke museum.
Benteng Vredeburg yang ada di jantung kota Jogja, menjadi museum pertama yang saya kunjungi.

Gerbang Benteng Vredeburg
Benteng yang dibuat tahun 1767 oleh seorang insinyur bernama Frans Haak itu merupakan pusat pemerintahan dan pertahanan residen Belanda saat itu. Kelihatan dari bentuknya dan bangunan yang ada didalamnya, yang tidak terlihat seperti benteng pertahanan.
Di depannya ada parit kecil, sementara di dalam benteng (museum) yang pada awalnya bernama Rustenberg ini terdapat 2 ruangan diorama yang bercerita tentang sejarah perjuangan Indonesia. Disana juga dibangun patung 2 petinggi TNI dulu yaitu Jend. Sudirman dan Jend. Oerip Soemohardjo.
Saya tidak terlalu lama disini, juga tidak pakai guide, jadi untuk lebih detailnya monggo baca sejarahnya disini saja.

Halaman Tengah Museum
Diorama; Romusha
Diorama; Tentara PETA
Diorama; Soekarno-Hatta tiba di Jogja
Di samping kiri dari halaman depan museum ini dibangun Monumen Serangan Umum 1 Maret, yang selalu jadi obyek manusia-manusia narsis untuk berfoto.

Monumen Serangan Umum 1 Maret
Selain di Benteng Vredeburg, saya juga menyempatkan diri untuk ke Museum Perjuangan Yogyakarta dan Museum Taman Siswa. Sayang saat sampai disana, kedua tempat itu sudah tutup, jadi hanya mengambil foto bagian luar saja.

Museum Perjuangan Yogyakarta
Kamar Ki Hadjar Dewantara
Museum Taman Siswa
*Disclaimer : semua foto hasil jepretan saya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar