Sabtu, 17 Februari 2018

Jakarta Malam dari Puncak Monas

Niat saya sejak pertama kali datang Jakarta di tahun 2005, naik ke puncak Tugu Monumen Nasional, akhirnya tercapai bulan Maret 2015 lalu. Senang rasanya, bisa merasakan sendiri bagaimana meneropong Jakarta dari Puncak Monas. Memandangi dari kejauhan, barisan gedung-gedung pencakar langit nan digdaya menghalangi pepohonan yang tumbuh sekadarnya di 59 hutan kota yang ada (katanya).


Lewat setahun lamanya, saya kembali menyempatkan diri untuk menyambangi lagi salah satu ikon kota Jakarta itu (yang sekaligus ikon nasional tentunya).
Berita di tivi tentang dibukanya kunjungan malam ke Monas [per 5 April 2016] sepertinya memiliki daya tarik tersendiri. Kelap-kelip cahaya dari gedung-gedung pencakar langit di seputaran Monas, menjanjikan pemandangan yang indah dari atas sana.

Sebenarnya, tanpa harus naik hingga ke atas pun, Monas di malam hari sudah cukup elok untuk dinikmati. Permainan lampu sorot warna-warni yang ditembakkan ke arah tugu sungguh memesona, 'menemani' kilau cahaya keemasan dari puncak nyala api tugu ini.


Pemandangan dari atas ketinggian 132 meter di malam hari ini, memang punya kekhasannya sendiri dibandingkan di siang hari. Walau gedung-gedungnya tidak terlihat jelas, namun titik-titik cahaya yang terlihat sungguh semarak. Kontras dengan langit yang semakin gelap tak berbintang [ironi kota-kota besar. terang di bawah gelap di atas. he-he].

Deretan kendaraan yang bergerak di sejumlah ruas jalan yang tampak dari atas puncak Monas, memberi efek cahaya tersendiri, membentuk garis panjang yang terus bergerak.
Lampu sorot yang menghiasi Masjid Istiglal, atau cahaya lampu di Istana Merdeka pun tak kalah menarik perhatian pengunjung.


Senja yang turun, memberi semarak pada Jakarta hingga malam menjelang.


Wisata malam Monas menjadi alternatif bagi warga ibukota--yang selalu disibukkan dengan kegiatan dan pekerjaan pada siang hari--untuk menikmati panorama kota Jakarta dari sisi yang berbeda.
Sisi yang tidak perlu dilabeli underground, seperti yang 'ITU', walau sama-sama berwisata malam. he-he.



Tabe!


PS:
> Jadwal buka kawasan Monas: Selasa-Minggu (libur tetap buka): 08.00-22.00
> Jam operasional lift ke Puncak Monas: pagi: 08.00-16.00; malam: 19.00-22.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar