Jumat, 05 Februari 2016

Sate Betawi Haji Mi'in

Sangat tidak elok memang, membicarakan makanan khas daerah yang ada di Jakarta, lalu yang empunya kota ini tidak dibahas. Apa kata para Jakmania nanti :D

Kerak Telor, Nasi Uduk, Soto Betawi, Roti Buaya, dan Dodol Betawi, adalah segelintir makanan khas daerah ini yang sudah populer dan pasti diketahui semua orang yang sudah lama menetap di Jakarta. Tapi untuk sate, sangat samar sekali, bahkan tidak pernah terdengar. Atau mungkin saya yang kurang update?
Makanya saat teman saya memberi info soal adanya rumah makan sate ini, saya agak kaget juga. Memangnya ada?
Mungkin karena saya sudah terhipnotis oleh kepopuleran dua sate favorit saya, Sate Madura dan Sate Padang, sehingga mengabaikan olahan sate daerah lain.

Tapi terlepas dari itu semua, sate di Pondok Sate Kambing H. Mi'in ini memiliki daging yang empuk dan tidak berbau perengus. Disajikan dengan bumbu kecap dan rajangan bawang merah, cabai dan tomat. Segar sekali.
Setiap tusuk satenya pun hanya ada potongan daging, yang cukup besar, tanpa lemak dan otot.


Tidak hanya sate, di rumah makan Haji Mi'in ini juga disediakan Sop Kambing Betawi yang cukup dikenal dengan racikan bumbunya yang terdiri dari jahe, kapulaga, kayu manis, dan kembang lawang.
Di sini juga ada sate ayam, tongseng, sop buntut/iga sapi, gulai kambing, ayam goreng/bakar, pepes ikan mas, dan sayur asem.

Rumah makan sate ini-yang sudah berdiri sejak 1986-berada di Jl. Raya Setu-Cilangkap, Setu, Cipayung, Jakarta Timur. Lokasinya tidak jauh dari Markas Besar TNI. Akan sangat gampang ditemukan karena ornamen atapnya yang khas rumah Betawi dan warna hijau terang dindingnya yang sangat mencolok.


Bagi kalian yang belum punya Mercy seperti saya, kalau mau kesini bisa naik KWK T.15A. Angkutan umum dengan rute Cililitan-Cawang UKI-Tol-TMII-Cilangkap-Cibubur-Arundia, yang lewat tepat di depan rumah makan Haji Mi'in ini. Atau minta turun di Mabes, lalu jalan sedikit.
Kalau yang mau kesini naik motor/mobil, silahkan tentukan sendiri jalan yang mau dilewatin. Bertanyalah atau pakailah GPS di smartphone canggihmu itu.



Tabe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar