Kamis, 21 Januari 2016

Digitalisasi Budaya Nusantara di Galeri Indonesia Kaya

Tempatnya tidak terlalu besar memang. Kalau hanya sekedar lewat, 2 menit pun tuntas.
Namun spot-nya cukup strategis. Berada di Lantai 8 West Mall Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, tepat di sebelah Blitz Cinema. Tulisan Galeri Indonesia Kaya dengan gambar berupa Wayang Gunungan Jawa, akan langsung terlihat karena cukup besar terpampang di dinding.

Nuansa kedaerahan sudah langsung terasa saat masuk.
Di dinding lorong masuk sepanjang kurang lebih 3 meter, berdiri masing-masing 3 buah layar setinggi orang dewasa yang memperlihatkan gambar pasangan pria dan wanita berpakaian adat, yang akan memberi ucapan selamat datang dalam bahasa daerah mereka (sesuai pakaian adat yang dikenakan).
Begitupula saat keluar, dengan ucapan selamat jalan dalam bahasa daerah lainnya.


Setelah melewati lorong tersebut, tepat di sudut ruangan, akan didapati sebuah pertunjukkan video mapping wayang "Mahabharata". Bagi yang suka dengan dunia pewayangan, bisa berlama-lama berdiri di sini hingga keseluruhan cerita selesai.


Di Galeri Indonesia Kaya ini kita bisa seru-seruan, seperti berfoto dengan pakaian adat di Selaras Pakaian Adat yang bisa langsung dibagikan di media sosial, bermain musik tradisional di Melodi Alunan Daerah, berfoto dengan atribut kedaerahan, mendesain batik yang kemudian bisa di-print menjadi postcard, dan bermain congklak dengan komputer tablet berukuran besar.
Kecuali berfoto dengan atribut kedaerahan, kegiatan-kegiatan di atas tersedia secara digital. Sebuah sarana edukasi yang bagus bagi anak-anak, seperti saya :p

Selain itu, di sini kita juga bisa 'traveling' ke seluruh Indonesia & melihat kekayaan Indonesia (budaya, alam, kuliner) lewat tampilan di Kaca Pintar Indonesia dan Jelajah Indonesia.



Di GIK ini juga terdapat sebuah ruangan seperti studio, tempat diadakannya pertunjukan seni, seperti tarian atau musik daerah, atau pertunjukan/kegiatan lainnya, yang bisa ditonton tanpa mengeluarkan sepeser mata uang apapun alias gratis. Hanya cukup dengan melakukan registrasi online untuk mendapatkan tiket masuknya. Buka dan cari tahu saja di situs indonesiakaya.com. Siapa tahu ada pertunjukan yang diminati. G.R.A.T.I.S loh ;)

Walau kecil dan konten yang ada tidak sebanyak di website-nya, tapi paling tidak ini adalah salah satu bentuk upaya pengenalan juga pelestarian budaya dan wisata Indonesia, yang begitu kaya itu tadi, dengan memanfaatkan teknologi.

Mampir saja sebentar, sambil menunggu film diputar atau pacar yang tak kunjung datang. Siapa tahu dapat inspirasi, atau malah dapat pacar baru.



Tabe!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar