Senin, 03 Agustus 2015

Sop Duren Lodaya

"Bro, sesekali cobain deh Sop Duren Lodaya".
Sms teman saya setelah membaca postingan saya sebelumnya tentang Kedai Sop Duren Ciwaru.

Karena penasaran, saya pun akhirnya menyambangi tempat yang dimaksud. Biar tahu rasanya, jadi kalau lagi ngidam sop duren, tinggal ngesot pakai kereta kesana. Karena yang di Serang kejauhan kalau cuma sekedar mau makan sop duren saja.

Lokasinya tepat di Jl. Lodaya I, Bogor. Bertanyalah kalau tidak tahu dimana jalan ini. Kalau malu bertanya, pakailah GPS.
Namun walaupun ada di pinggir jalan, kemungkinan susah ditemukan karena tempatnya tidak besar, begitu pula papan namanya yang tidak begitu mencolok. Agak kasat mata (hantu kali mas :D), susah dikenali, apalagi bagi yang matanya rabun jauh-dekat. Jadi, bertanyalah!


Sangat menggugah selera. Baru melihat gambar-gambar di daftar menunya saja, saya sudah sangat tergiur. Fotografernya berhasil membuat saya ingin menggerogoti buku menu pada pandangan pertama.
Awalnya agak bingung mau pesan yang mana, tapi kemudian saya menjatuhkan pilihan ke menu Sop Durian Lengkap. Alasannya karena ada di urutan pertama :D

Di sini ada dua porsi sop duren, yaitu porsi pas (berukuran kecil) dan porsi mabok yang durennya lebih banyak. Ukuran wadah porsi mabok lebih besar, dengan menggunakan ukuran gelas es campur, sementara porsi pas menggunakan gelas yang lebih langsing.
Nah berhubung saya bukan makhluk pecinta duren, saya pesan yang porsi pas.

Sop Durian Lengkap, dengan porsi pas yang menggunakan gelas langsing ini berisi duren, dengan bongkahan es batu, kacang ijo dan ketan putih, ditambah topping parutan keju, yang dilengkapi dengan roti pandan. Tampilan warna kuning dan hijau dari paket ini memang sangat menggoda.

Sop Durian Lengkap
Entah saya yang terlalu terburu-buru makannya atau bagaimana, tapi tekstur keringnya (karena es batu belum mencair) membuat rasa dari daging buah duriannya jadi lebih pekat. Hal itu membuat saya yang tidak suka duren ini sempat ingin menyudahi saja makannya. Beruntung sedikit dinetralisir dengan gurihnya keju, ketan putih, kacang ijo dan roti pandan yang melengkapi paket ini. Dan saat es batu sudah mulai mencair, dinginnya es pun mengurangi sedikit kepekatan rasa duriannya, walau tidak menghilangkan sama sekali citarasa si durian itu. Originalitasnya masih terasa. Tidak serta merta berubah jadi rasa opor ayam. *dikeplak*

IG: @sopdurenlodaya
Selain paket yang saya pesan di atas, di Sop Duren Lodaya ini, yang sudah memiliki sekitar 18 cabang, juga punya paket menu lain dengan varian topping yang beragam, seperti Sop Durian Special, Sop Durian Regal, Sop Durian Oreo, Sop Durian Ketan Hitam, Sop Durian Brorry (Brownies + Strawberry), Sop Durian Anggur, Es Cendol Durian dan Sop Durian Buah.
Menu-menu yang membuat saya ingin kembali kesana dan mencicipinya.

Menu lain (IG: @sopdurenlodaya)
Selain itu, ada juga menu-menu lain seperti kentang goreng, roti goreng, etc.
Untuk cabang-cabangnya sendiri, Sop Duren Lodaya ini sudah tersebar di beberapa kota seperti Jakarta, Depok, Bekasi, Sukabumi dan Yogyakarta.


Tabe!

4 komentar:

  1. sop duriannya pake durian jenis apa min? thanks
    Inzanami

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kurang tau juga bro. gak nanya soalnya. mungkin bisa langsung tanya di akun IG-nya @sopdurenlodaya :D

      Hapus
  2. Ah payah lu min....masa durennya ga tau...kurang detai informasinya...UTOMO

    BalasHapus
  3. replika durian harga murah 135ribu buat hiasan atau gantungan warung sop durian tlpon/whatsapp 085324327131 cirebon jawa barat yg minat bisa langsung tlpon aja atau wa

    BalasHapus